Kamis, 18 April 2019

Harga Bawang Merah Per Kg

Harga Bawang Merah Per Kg - Petani bawang merah di Desa Wangandalem Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes mulai syok dengan pergerakan harga bawang merah yang terus-terusan anjlok.

"Di pasar Kramat Jati saja, saat ini harga sudah di kisaran Rp24 ribu per kilogram. Harga itu turun Rp2.000 dari harga hari sebelumnya yang dijual dengan harga Rp26 ribu," ujar Imam Ramdani (45) petani bawang merah asal Desa Wangandalem, Selasa (16/4). Sedangkan di tingkat petani, lanjut dia, harga online atau harga rolling door dan harga triplekatau harga wallpaper dan harga cat besiatau harga kayu dan harga batu bataatau harga engsel pintu dan harga pasiratau harga genteng dan harga air cooleratau daftar harga harga bawang untuk saat ini hanya dihargai kurang dari Rp20 ribu per kilogramnya.

Harga Bawang Merah Per Kg

Imam menilai, turunnya harga disebabkan karena saat ini tengah berlangsung operasi pasar oleh Kementerian Perdagangan. Padahal, pekan sebelumnya harga masih di kisaran Rp 29 ribu. "Minggu kemarin harga masih bagus, tapi sejak adanya operasi pasar harga bawang terus merosot sampai hari ini," terangnya.

Dia memprediksi turunnya harga bawang akan kembali terjadi untuk beberapa hari ke depan. Meski begitu, dirinya tetap berharap harga bisa kembali naik lagi saat masuk masa panen. "Untuk di wilayah Wangandalem masa panen diperkirakan sekitar 10 sampai 15 hari ke depan," katanya.

Harapan serupa juga diutarakan Surya (50). Dia berharap harga bawang bisa kembali naik saat masa panen. Sehingga petani bisa mendapat untung di masa panen kali ini. "Panen sebelumnya sempat gagal karena tanaman diserang hama ulat. Sehingga bawang merah saat itu tidak laku dijual," beber Surya.

Menurutnya, dengan mengelola sawah seluas setengah bau, dia memprediksi bisa menghasilkan 4 sampai 5 ton bawang merah. (har/wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desaincatrumah.com carstren.com urumahminimalis.com dpbbmbaru.com baktikita.com lensarumah.com dpbergerak.xyz contohrumah.com tokobahan.xyz caraceks.xyz hargaonline.xyz caratips.xyz suaraxburung.xyz situsresep.xyz aplikasihp.xyz dplucu.xyz carahp.xyz hargaharga.xyz animasidpbbm.xyz creamtemulawakgold.xyz postekno.com